Mengenal 10 jenis besi konstruksi beserta fungsinya

besi sni

Besi konstruksi adalah jenis besi yang digunakan dalam proyek pembangunan atau konstruksi. Besi-besi ini sangat beragam dan masing-masing memiliki fungsi dan kegunaan yang spesifik.

Sebagian besar proyek konstruksi, baik rumah maupun bangunan, membutuhkan penggunaan besi dalam proses konstruksinya. Jika diperhatikan, besi merupakan salah satu elemen yang paling umum pada bangunan. Dasar rumah dari besi-beton, dindingnya dari baja siku, dan atapnya dari baja.

Hal ini tidak terlepas dari banyaknya keunggulan baja dalam proyek konstruksi. Praktis, aman, tahan lama dan dapat digunakan dalam waktu lama.

Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui berbagai jenis besi dan bagaimana mereka digunakan dalam bangunan.

10 Jenis Besi Konstruksi

Artikel ini memberikan gambaran umum tentang berbagai jenis besi yang biasa digunakan dalam proyek konstruksi dan kegunaannya.

1. Besi Hollow

Besi Hollow adalah bahan besi konstruksi pertama yang sering kita dengar. Besi dengan bentuk segi empat ini tergolong besi ringan dengan fungsi yang berbeda-beda dalam membangun sebuah hunian.

Mulai dari bahan pembuatan pagar rumah, furniture, penutup pipa gas, railing tangga. Selain itu, besi yang satu ini tahan rayap dan tahan api.

Besi Konstruki | Besi Hollow

2. Besi Beton

Selanjutnya ada Besi beton yang biasa digunakan untuk menopang konstruksi pondasi rumah atau gedung. Ada dua jenis beton yaitu besi ulir (diformed bar) dan besi polos (plain bar). Besi ulir lebih kuat dibanding besi polos jika digunakan untuk material tulang bangunan.

Hal ini karena proses rol pada permukaan sehingga daya ikat jauh lebih baik. Macam-macam besi beton ini mampu menahan tekanan yang cukup besar sehingga bangunan lebih tahan lama.

Besi Beton

3. Besi Plat

Sesuai namanya besi ini berbentuk plat atau lempengan yang memanjang. Besi plat mudah untuk dibentuk dan difungsikan sesuai dengan kebutuhan konstruksi.

Selain untuk konstruksi, Besi plat ini biasaya digunakan pada bahan baku kendaraan ataupun alat transportasi. Memiliki ketahanan yang cukup terhadap korosi.

Besi Konstruki | Besi Plat

4. Wiremesh

Wiremesh adalah besi jaring yang dibentuk dari besi polos berpotongan dengan cara dianyam sehingga membentuk lembaran kotak-kotak. Wiremesh berfungsi sebagai besi tulangan dak beton atau lantai.

Besi jenis ini memiliki ukuran yang beragam. Sering juga digunakan dalam konsturki pedestrian atau jalan raya untuk memperkuat cor sehingga mampu menahan beban.

Besi Konstruki | Wiremesh

5. Besi Siku

Bentuk besi ini sebagaimana namanya dalah berbentuk siku dengan sudut 90 derajat.

Besi jenis ini tersedia dalam beragam ukuran mulai dari 2cm hingga 6cm. Biasa digunakan untuk keperluan rumah tangga seperti pembuatan

6. Besi Pipa

Jika Besi Hollow berbentuk kotak memanjang maka Pipa besi ini berbentuk bulat memanjang.

Pipa besi seringkali digunakan untuk saluran air bersih. Selain itu digunakan juga untuk saluran minyak, gas atau mineral lain di pabrik berskala besar.

Besi Pipa

7. Besi CNP (Kanal C)

Besi CNP adalah jenis besi konstruksi yang bentuknya seperti huruf C. Kegunaan utama besi jenis ini adalah untuk rangka atap dan tiang kanopi rumah atau bahan konstruksi lainnya.

Kelebihan Besi kanal C ini adalah ringan, mudah dibentuk dan dipasang. Selain itu kelebihan lainnya adalah tahan karat dan anti rayap, sehingga konstruksi anda akan lebih tahan lama.

Besi CNP (Kanal C)

8. Besi UNP (Kanal U)

Besi UNP adalah jenis besi konstruksi yang bentuknya seperti huruf U. Kegunaaan utama besi ini adalah untuk digunakan sebagai balok pentutup atap. Selain itu dapa digunakan juga sebagai penutup dinding atau konstruksi lainnya.

Banyak digunakan untuk proyek pembangunan skali kecil maupun besar.

9. Besi H Beam

Besi H Beam adalah balok baja yang memiliki bentuk seperti hurf H yang memanjang. Besi ini disebut juga dengan istilah hot rolled.

Besi konstruksi ini banyak digunakan untuk pembangunan jembatan, dedung maupun proyek bangunan lainnya.

10. Besi Wide Flange (WF)

Besi Wide Flange atau Besi WF secara bentuk menyerupai Besi H Beam, hanya saja Besi WF memiliki kuping yang lebih besar dari lebarnya hingga dua kali lipat.

Selain itu Besi WF juga memiliki gaya tarik dan tekan yang lebih tinggi. Digunakan untuk pondasi bangunan, gedung, jembatan serta konstruksi lainnya.

Besi Wide Flange (WF)

Demikianlah 10 jenis besi konstruksi yang biasa digunakan dalam proyek konstruksi. Winsteel Beton menyediakan berbagai macam besi untuk kebutuhan Anda. Hubungi sales kami untuk mendapatkan keterangan lebih detil.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these